Sejarah Email

E-mail sudah bukan barang aneh di jaman modern ini. Bahkan kata ini sekali pun sudah ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia menjadi pos elektronik  atau surat elektronik (disingkat surel), tapi tetap digunakan kata aslinya.
E-mail berkembang seiring perkembangan internet,  Teknologi inilah yang membuat kantor pos kekurangan order. Dan orang yang bertanggung jawab atas semua itu adalah Ray Tomlinson. Tahun 1971 adalah tahun bersejarah dalam perkembangan dunia internet, karena pada tahun itu e-mail pertama dikirim. Uniknya pengiriman e-mail pertama itu dilakukan oleh dua komputer yang berdampingan. Samuel B Morse mengetikkan kata ‘Sesungguhnya hebat apa yang telah tuhan tulis!’ pada Mei 1844 saat menciptakan mesin telegraf.
Sementara Alexander Graham Bell sebagai sang pionir telepon  memiliki pesan yang sangat legendaris pada Maret 1876 yaitu, ‘Tuan Watson, kemarilah. Saya ada perlu dengan Anda!’ pada asistennya. Lalu apa yang dikirimkan Ray Tomlinson pada e-mail pertamanya?
Kata pertama yang tertulis dalam e-mail pertama itu adalah ‘QWERTYUIOP’ yang tidak lain adalah baris pertama tuts alfabet pada papan ketik. Namun, sebenarnya Tomlinson sendiri tidak terlalu ingat apakah itu benar katapertamanya atau bukan.

Nah, kalau Anda bagaimana?

  • Masih ingat gak, Apa kata/tulisan pertama yang pernah dikirimkan pada email domain sendiri kamu? 🙂

at-email
Penggunaan tanda @ tidak melalui proses panjang, melainkan hanya pemikiran sekira setengah menit. @ sendiri dibaca ‘at’ yang merupakan preposisi dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan tempat (terkadang waktu juga).

Sobat, peduli & suka berbagi manfaat? Ayo Share this information to your...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr