Siklus Domain / Periode Masa Aktif Domain TLD

Nama Domain dot com memiliki Fase/Siklus Hidup dengan beberapa Periode Status. Domain gTLD (generic Top Level Domain) seperti .com .net .org ini benar-benar punya siklus daur ulangnya sendiri. Adapun rangkaian Fase Periode akan dijelaskan seperti pada gambar berikut ini:

siklus periode domain

Available

Domain .com yang masih available bisa didaftarkan oleh siapapun. Dulu pernah berlaku aturan siapa cepat dia dapat. Registrasi Domain seperti dot com ini bisa didaftarkan mulai dari 1 Tahun hingga 10 Tahun sekaligus. Namun melalui WIPO (World Intellectual Property Organization), sebuah lembaga khusus yang menangani gugatan hak merk. Praktek-praktek cybersquatting seperti ini kini sudah tidak memungkinkan lagi. Jadi pastikan pendaftaran anda tidak mengundang dispute dengan hak merk tertentu. Cek ketersediaan sebuah domain melalui http://who.is

Active (Payback Period)

Anda telah mendaftar sebuah domain .com melalui registrar kepercayaan anda. Selama payback period (sekitar 30-60 hari), domain .com anda yang sudah aktif statusnya masih locked. Jadi masih belum bisa ditransfer ke provider domain lain.

Active

Selepas payback period, domain .com anda kini bebas ditransfer ke registrar lain jika diperlukan. Asal anda dapat kendali penuh atas domain anda. Sayangnya tidak semua registrar memberikan kendali penuh ini. Maka, jangan jadikan harga sebagai basis utama pendaftaran domain. Generasi user internet yang cerdas kini sudah harus mengutamakan kendali penuh terhadap domainnya.

Renewal

1 tahun kemudian masa berlaku domain anda habis. Pada H minus 30 dari tanggal habis berlaku domain anda, registrar akan mulai sibuk mengirimkan pemberitahuan pada email billing anda. Jika anda melakukan renewal, maka domain anda akan masuk ke status Active. Sedangkan bila tidak, domain anda akan mulai masuk ke status Expired.

Expired

Anda ternyata memutuskan untuk tidak memperpanjang domain .com anda karena suatu alasan. Maka selama 45 hari dari tanggal jatuh tempo, domain anda akan ditawan oleh registry (induk semang dari registrar) dengan status Expired. Artinya website dan email account anda sudah tidak berfungsi. Karena Name Server anda akan diambil alih registry. Tetapi jangan khawatir dulu.. Dalam tenggat waktu 45 hari ini, domain .com anda masih bisa diperpanjang pada registrar anda dengan harga normal.

Redemption (Grace) Period

Kenapa pada status Expired kami bilang ‘harga normal’ untuk perpanjangan domain anda? Sebab jika domain anda sudah masuk ke status Redemption Period, maka untuk bisa mendapatkan domain anda kembali, anda harus membayar biaya restore yang besarnya bisa mencapai 10 kali lipat dari harga perpanjangan normal. Waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan domain anda juga terbilang lama, sekitar 5 – 7 hari. Sebab registrar harus melacak keberadaan domain anda yang sudah hampir hilang. Masa Redemption Period sebuah domain itu sekitar 30 hari. Lihat Rincian Biaya Restore Domain di sini.

Pending Deletion

Selepas dari Redemption Period, anda harus menunggu selama 5 hari hingga domain anda benar-benar dihapus dari database ICANN. Masa menunggu inilah yang disebut Pending Deletion.

Available

Mantan domain .com anda kini sudah bisa didaftarkan ulang oleh siapapun, termasuk layanan domain snatcher yang sudah tidak sabar untuk menangkap domain-domain populer yang baru saja lepas dari status Pending Deletion. Jika bermaksud mendapatkan kembali domain .com anda, maka pertimbangkan untuk menggunakan layanan domain snatcher juga, snapnames.com misalnya. Namun tentu saja dengan biaya yang tidak murah.

Demikian siklus hidup domain .com. Siklus ini juga berlaku untuk gTLD lain seperti .net, .info, .org dan .biz. Sedangkan ccTLD (country code Top Level Domain) seperti .us, .id, .jp, .au, dsb siklus hidupnya berbeda-beda namun lebih sederhana. Lihat juga di sini tentang Siklus Domain ccTLD Domain .ID

Kini anda sudah dapat bayangan seperti apa siklus hidup domain .com. Maka jangan sampai kelupaan untuk memperpanjang masa berlaku domain anda. Berikut beberapa tindakan preventif yang bisa anda ambil untuk mencegah domain anda expired:

  • Preventif I: Pastikan email anda terdaftar sebagai legitimate owner (pemilik sah) dari domain  anda. Sehingga, notifikasi dari registrar akan langsung terkirim ke inbox anda. Jika domain anda tidak di privacy protect, cek legitimate owner dari sebuah domain melalui http://who.is.
  • Preventif II: Simpan tanggal expired domain anda. Set alarm bila perlu. Anda mungkin akan mendapat kiriman tagihan by email dari provider anda. Namun in case anda melewatkan email anda, alarm ini akan membantu anda agar tidak melewatkan masa berlaku domain anda.
  • Peventif III: Lakukan perpanjangan meski domain anda belum jatuh tempo. Toh, tanggal jatuh tempo berikutnya tetap akan dihitung sesuai tanggal anda melakukan registrasi. Jadi, anda tidak kehilangan apapun dengan melakukan renewal lebih cepat. 🙂

Artikel berikut merupakan recycle dari: Fase Hidup Domain dan www.icann.org/en/resources/registrars/gtld-lifecycle

Sobat, peduli & suka berbagi manfaat? Ayo Share this information to your...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on StumbleUponPin on PinterestShare on Tumblr