Bagi anda pelanggan kami yang telah melakukan registrasi dan pembayaran domain .ID , sangat penting untuk diketahui bahwa selain anda membayar untuk pembeliannya, secara tidak langsung anda juga membayar untuk hak milik penggunaan domain untuk jangka waktu tertentu. Untuk masa penggunaannya,  mulai dari 1 tahun sampai dengan 2 tahun. Setalah masa penggunaan habis, domain akan masuk ke dalam masa expired dan akan kembali status nya menjadi tersedia bagi publik (available) jika anda tidak melakukan pembayaran. Berikut adalah diagram siklus hidup domain .iD.

registrasi domain .id indonesia

Domain Expired / Auto Renewal Period ( 1 – 2 Tahun )

  • Misalkan domain ini Expired per Tanggal 1 Januari 2015.
  • Auto Renewal Period, di–setup 35 hari (1 Jan–4 Peb 2015); Status domain: renew period (expired)
  • Dalam periode 35 hari ini domain masih bisa diperpanjang dengan biaya normal;
  • Pada 25 hari pertama (dari 1–25 Jan 2015), domain masih aktif dan dapat diakses, tetapi pada hari ke–26 (pada 26 Jan 2015), NS domain dibekukan oleh sistem sehingga domain tidak aktif dan tidak dapat diakses

Redemption Period ( 1 – 35 Hari )

  • Redemption Period, di–setup 30 hari (5 Peb–6 Mar 2015); Status domain: pending delete restorable;
  • Dalam periode 30 hari ini domain hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 400% dari biaya normal; caranya dengan mengajukan permintaan restore dan membayar biaya+denda ke Registrar, maka domain akan aktif kembali dengan masa berlaku 1 tahun.

Delete Period ( 30 Hari )

  • Delete Period, di–setup 7 hari (6–13 Mar 2015); Status domain: pending delete
  • Dalam periode 7 hari ini domain TIDAK dapat diperpanjang/diubah/ditransfer, dan tinggal menunggu di–delete oleh sistem dari database DNS, untuk kemudian dilepas kembali agar dapat dipergunakan oleh publik;

Pending Delete ( 7 Hari )

  • Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi anda untuk melakukan pembaruan (renew). Pihak registrar akan mengirimkan perintah kepada pihak registry untuk melakukan penghapusan domain. Tapi jika anda ingin memilikinya kembali, anda masih bisa untuk mencoba dan melakukan rikues order, di mana pihak registrar nantinya akan mencoba untuk mendaftarkannya kembali atas nama anda ketika sudah masuk masa available, namun tidak ada jaminan bahwa anda benar-benar bisa memilikinya kembali.

Dari siklus di atas terdapat perbedaan dengan Siklus domain international di mana masa auto renewal period (expired) adalah 40 hari dan untuk domain .id adalah 35 hari.  Hal ini dapat menjadi catatan para pelanggan agar dapat memperpanjang domain sebelum masa Auto Renewal Period berakhir.

Untuk melakukan registrasi domain .id Indonesia, silahkan mengunjungi halaman pendaftaran di sini .

Sumber: http://pandi.or.id/id/blog/restore-dalam-siklus-masa-berlaku-domain-id

Sobat, peduli & suka berbagi manfaat? Ayo Share this information to your...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr