Beberapa penyedia jasa Virtual Private Server atau VPS biasanya juga menjual jasanya dengan tambahan cPanel dan WHM. Artinya, Anda tidak akan susah-susah melakukan pengaturan server karena telah diberikan aplikasinya berupa cPanel dan WHM. Dengan menggunakan cPanel dan WHM ini, Anda bisa mengatur server dari web yang sedang Anda kembangkan. Lantas apa kelebihan dari VPS Linux cPanel WHM ini? Berikut ulasannya untuk Anda!

Apakah cPanel dan WHM Berbeda?

Beberapa orang sering bingung dengan cPanel dan WHM karena penampakannya yang nyaris sama. Namun kedua hal ini sangatlah berbeda. WHM mampu mengatur server dan segala hal yang ada di dalamnya. Artinya, WHM dipegang oleh admin server. Ia bisa mengatur siapa saja, atau web apa saja yang ada di dalam servernya.

VPS Linux cPanel

Sedangkan cPanel hanya untuk mengatur file atau aplikasi yang diinstal pada sebuah web. User tidak bisa mengatur konfigurasi server, karena hanya admin yang bisa melakukanya. Sederhananya WHM (Web Hosting Management) berada di atas cPanel untuk masalah akses server.

VPS Linux cPanel WHM dan kelebihannya

Banyak sekali kelebihan dari VPS Linux cPanel dan WHM, berikut beberapa kelebihannya:

  1. Membuat database. Dengan menggunakan cPanel dan WHM, maka Anda akan sangat mudah membuat database untuk website yang sedang Anda bangun. Fiturnya yang lebih sederhana akan membuat user yang awam sekalipun bisa menggunakannya dengan sangat baik.
  2. Menginstal web. Dalam cPanel atau WHM biasanya sudah ada pilihan aplikasi, apa yang akan Anda instal untuk web. Biasanya ada pilihan untuk menginstal CMS seperti WordPress, Drupal, PHPBB, Jomla, hingga e-commerce seperti Prestashop, opencart, magento, dan lain-lain.
  3. Mengatur semua file di web. Dalam satu tempat, Anda bisa mengatur semua jenis file yang ada pada web Anda. Jika sekiranya server penuh, Anda bisa menghapus bagian mana saja dengan cepat tanpa perlu kesusahan.
  4. Membuat email dengan domain sendiri. Artinya Anda tak perlu lagi menggunakan jasa email dari Google atau Yahoo. Semuanya sudah tersedia dalam cPanel dan WHM yang secara default-nya itu bisa diakses via namadomain/webmail.
  5. Sebagai yang memiliki hak akses root VPS Linux cPanel server pada WHM ini juga Anda jadi bisa menjajakan/menawarkan layanan Reseller Hosting cPanel dengan Spesifikasi resource server yang kita tentukan sendiri.

VPS Linux cPanel dan WHM

Itulah sekelumit pengenalan dan kelebihan dari VPS Linux cPanel dan WHM. Semoga bermanfaat bagi Anda semua!

Sobat, peduli & suka berbagi manfaat? Ayo Share this information to your...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr