PENTING: Lakukan Verifikasi Email Registrant selaku Kepemilikan Domain Anda Sendiri

Kami informasikan bahwa mulai bulan Januari 2017 untuk setiap proses transaksi domain Internasional yang meliputi:

  1. Pembelian / Pendaftaran Baru Domain Internasional
  2. Transfer Domain Internasional
  3. Perubahan informasi Kontak WHOIS

Anda akan menerima email verifikasi dengan Subject email: “IMPORTANT! Verify your contact information for namadomain.ext” yang berisi link verifikasi dan yang HARUS anda lakukan hanyalah meng-KLIK link yang terdapat dalam email tersebut.

Proses verifikasi ini bersifat WAJIB dan detailnya berdasarkan 3 kriteria berikut ini:

  1. Registrar akan mengirimkan Email Verifikasi RAA langsung ke email anda beberapa menit kemudian setelah mendapat email Sukses aktivasi register domainnya.
  2. Email yang terkirim ke email anda akan dikirim dari alamat email [email protected] atau [email protected]
  3. Setelah 15 hari sejak awal email anda terima Tapi anda tidak melakukan klik pada link verifikasi tersebut, maka domain adan akan Tersuspend secara otomatis dari System Registrar dan domain menjadi tidak bisa diakses.

Adapun contoh email verifikasi domain RAA adalah sebagai berikut:

Selain verifikasi sewaktu registrasi, transfer, dan perubahan data kontak whois kepemilikan domain, verifikasi informasi kontak domain juga akan dilakukan setiap tahun sekali dan akan langsung dikirimkan ke email anda. Jika dalam proses verifikasi tersebut email anda tidak aktif maka Registrar akan mereview ulang tentang Status kepemilikan domain tersebut.

Beberapa Hal penting Agar proses Verifikasi Domain Berjalan Lancar.

Beberapa hal di bawah ini sangat penting sekali agar anda tidak kehilangan akses domain anda, adapun detailnya sebagai berikut:

  1. Pastikan anda mengecek informasi kepemilikan domain secara berkala menggunakan whois Checker, misal whois.domaintools.com , whois.icann.org , dsb.
  2. Pastikan email yang terdaftar pada kontak kepemilikan domain (registrant) adalah email yang masih aktif dan sering anda gunakan.
  3. Pastikan anda menggunakan layanan dari provider registrasi domain dan web hosting yang mudah diakses kontrol panel domainnya dan yang mudah dihubungi. Karena jika anda mengalami masalah dalam hal verifikasi kepemilikan domain maka pihak provider hosting yang akan dapat membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.

Namun bagaimana jika Anda terlewat melakukan Verifikasi RAA domainnya?

Beberapa hal yang bisa terjadi misalnya, email verifikasi domain terhapus, email verifikasi domain terlewat karena terlalu banyaknya email, email verifikasi domain tidak terkirim ke email anda karena anda lupa alamat email yang digunakan untuk registrasi domain tersebut. Maka berikut ini adalah tahapan yang harus anda lakukan yaitu antara lain:

  1. Pastikan adan dapat login ke member area kami di http://klien.indositehost.com/clientarea.php
  2. Pastikan profil anda yang terdapat di member area termasuk alamat email adalah profil yang benar dan email juga masih dalam keadaan aktif. Klik di sini untuk Panduan Merubah data Profil pada member Area
  3. Pastikan email anda pada informasi kontak whois domain adalah email aktif dan apabila email tersebut adalah email yang tidak aktif, maka silakan anda hubungi kami via submit ticket support untuk request perubahan alamat email yang baru yang masih aktif. Setelah perubahan alamat email dengan yang baru, pastikan juga anda menerima email verifikasi RAA domainnya untuk proses klik Link validasi kepemilikan domainnya.

Tips Agar Terhindar dari Suspend Domain

Kriteria beberapa pelanggan yang kami temui dengan melakukan kesalahan antara lain:

  1. Secara tidak sengaja salah ketik ketika memasukkan alamat email
  2. Memasukkan email menggunakan domain yang akan dibelinya yang sebenarnya email tersebut juga tentunya masih belum aktif ( karena domainnya sendiri belum diregister toh? )
  3. Memasukkan email temannya ( ini sangat TIDAK direkomendasikan )
  4. Memasukkan email kantor, padahal yang melakukan pendaftaran tidak mempunyai akses email kantor tersebut.
  5. Memang sengaja memasukkan email palsu.

Dari beberapa kriteria tersebut, harapan kami anda bisa melakukan review ulang alamat email yang anda gunakan setelah proses pendaftaran. Beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  1. Pastikan anda menerima email ucapan selamat datang yang secara otomatis terkirim ke email anda setelah anda melakukan Order / Registrasi.
  2. Pastikan anda menerima email tagihan / Invoice atas order Domain ataupun hosting dari kami.

Rasanya cukup 2 hal tersebut untuk dapat memastikan bahwa email verifikasi RAA akan terkirim ke email anda.

Demikian penjelasan seputar Verifikasi Domain RAA (validasi kepemilikan Domain oleh email Registrant) dan jika bermasalah atau masih lupa melakukan klik Link Verifikasi domain silakan segera hubungi kami.

 

 

Sobat, peduli & suka berbagi manfaat? Ayo Share this information to your...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on StumbleUponPin on PinterestShare on Tumblr